Saat Anda Galau Hadapi Ujian Hidup, Ingatlah 5 Ayat Ini


UJIAN memang sebuah hal yang lumrah terjadi pada masing-masing manusia. Memang,sejatinya hidup ialah ujian dari Allah SWT. Namun, tak jarang dari anda harus tambahan sabar supaya tetap powerful menghadapi ujian kehidupan.

Alangkah lebih baiknya, andai kita menengok dan merenungi kembali sejumlah ayat-ayat Allah mengenai kehidupan.

Inilah 5 ayat Al Qur’an yang bakal memotivasi Anda ketika menghadapi ujian hidup:

1. kita Bisa Berubah, Jika kita Mau Mengubah Diri Anda
“Sesungguhnya Allah tidak akan mengolah nasib sebuah kaum sampai mereka mengolah diri mereka sendiri”. (Q.S. Ar-Ra’d:11)


Apapun situasi Anda ketika ini, andai Anda inginkan berubah, maka Anda mesti mengolah diri sendiri. Maka Allah akan mengolah Anda. Inilah yang tidak jarang dilupakan, tidak sedikit yang bercita-cita orang beda atau yang diluar berubah, namun melupakan diri sendiri yang diubah.

Ayat ini memotivasi anda untuk mengolah diri kita, maka yang lain bakal berubah atas pertolongan Allah. Jangan melulu menuntut yang diluar diri berubah.

Anda jauh lebih mudah mengolah diri sendiri, daripada mengolah orang lain. Ayat ini ialah motivasi guna berubah.

2. Kebaikan Dibalik Yang Tidak Kita Sukai
“Dan barangkali kamu membenci sesuatu namun ia baik bagimu, dan barangkali kamu menyenangi sesuatu namun ia buruk bagimu, dan Allah memahami dan anda tidak mengetahui“ (Q.S. Al-Baqarah:216)

Terkadang, ketika seseorang mendapati sesuatu yang tidak dia sukai atau inginkan, maka dia marah, kecewa, sedih, ngomel, dan kesudahannya putus asa. Padahal, dapat jadi apa yang tidak dia sukai tersebut malah sangat baik baginya.

Jangan kecewa ketika Anda tidak diterima di suatu perusahaan guna menjadi karyawannya. Bisa jadi tersebut yang terbaik untuk Anda. Bisa jadi kemungkinan Anda bakal mendapatkan perkerjaan lebih baik. Bisa jadi, malah akan mendapatkan urusan yang buruk andai diterima diperusahaan itu.

Kita tidak pernah memahami apa yang bakal terjadi. Bagi itu, syukuri apa juga yang terjadi ketika ini tergolong penolakan dan kekecewaan lainnya.

3. kita Pasti Sanggup
“Allah tidak memberi beban pada seseorang tersebut melainkan cocok dengan kesanggupannya.” (Q.S. Al-Baqarah: 286)

Jika kita mengatakan, “saya tidak bakal sanggup”, sebetulnya Anda sudah melampaui Allah. kita sok tahu, bahwa kita tidak bakal mampu. Kata siapa? Itu melulu pemikiran negatif Anda. Bisa sebab malas, manja, atau cengeng.

Padahal jelas, dalam ayat diatas bahwa anda tidak akan diberi beban beban apa juga kecuali cocok dengan kesanggupan kita. Jika Anda beranggapan tidak sanggup, itu melulu anggapan kita saja.

Anda tentu sanggup andai Anda menyanggupinya. Jangan kalah oleh benak negatif kita yang dengan mudah menuliskan tidak sanggup.

4. Kemudahan Bersama Kesulitan
“Maka sesungguhnya bareng kesulitan tersebut ada kemudahan. Sesungguhnya bareng kesulitan tersebut ada kemudahan.” (Q.S. Al-Insyirah: 5-6)

Kebanyakan orang, ketika menghadapi kesulitan, dia berhenti alias menyerah. Ada pun yang mengeluh, bercita-cita orang beda mau membantunya mengatasi kendala dia. Padahal, bareng kesulitan itu ialah kemudahan.

Jika kita menghindari kesulitan, kita tidak bakal mendapatkan kemudahan. Jika Anda bercita-cita orang beda yang menanggulangi kesulitan, maka fasilitas akan menjadi kepunyaan orang lain. kita tidak bakal mendapatkan fasilitas dari kematangan, keterampilan, dan empiris yang didapatkan.

Perhatikan ayat ke6, terdapat kata “sesungguhnya”, dengan kata lain sebuah penguatan atau penegasan bakal kalimat sebelumnya.

5. Takwa dan Tawakal
“Barang siapa bertakwa untuk Allah maka Dia bakal menjadikan solusi baginya, dan memberinya rizki dari jalan yang tidak ia sangka, dan barang siapa yang bertawakkal untuk Allah maka cukuplah Allah baginya, Sesungguhnya Allah mengemban kehendak-Nya, Dia sudah menjadikan untuk masing-masing sesuatu kadarnya” (Q.S. Ath-Thalaq: 2-3)

Dua akhlaq ini luar biasa. Tidak terdapat yang dapat mengalahkannya. Sedang menghadapi masalah atau kendala besar? Butuh jalan keluar? Maka bertakwalah, Allah bakal memberikan solusi juga rezeki yang tidak ia sangka.

Mudah-mudahan sesudah kita merenungi kelima ayat yang bakal memotivasi kita ketika menghadapi ujian hidup ini dapat membuat anda menjadi individu muslim yang pantang menyerah terhadap segala format ujian dan masalah. Sebab, ujian tersebut membuat insan menjadi powerful bukan sebaliknya. Percayalah, Allah selalu bareng kita

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Saat Anda Galau Hadapi Ujian Hidup, Ingatlah 5 Ayat Ini"

Posting Komentar